Monday, April 27, 2015

Tips Langkah-Langkah Menanam Padi Yang Baik dan Benar

Tips Langkah-Langkah Menanam Padi Yang Baik dan Benar

Hasil gambar untuk GAMBAR TEKNIK TANAM PADIBagi anda yang ingin budidaya tanaman padi , cobalah untuk pelajari teknik dan cara menanam padi yang akan kita bahas bersaama berikut. Ada beberapa tahapan yang perlu anda pelajari tentang budidaya tanaman padi.  Cara menanam padi ini terbagi ke dalam beberapa tahapan, yang diantaranya  dimulai dari memilih benih sampai pada pemeliharaan yang berlanjut ke tahap pemanenan.
Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh para petani sebelum memulai penanaman padi, hal yang paling penting adalah pemilihan jenis pada dan pembenihan. Nah,,,,, Berikut ini adalah tahap-tahap menanam padi dengan baik dan benar:
  • Pemilihan Benih atau Bibit
Pemilihan benih atau bibit adalah awal dari hal yang utama dalam membudidayakan tanaman padi. Tentukan jenis varietes benih padi yang sesuai dengan areal lahan yang akan ditanami, dan jangan lupa juga untuk memperhatikan kondisi pengairan / irigasi dan sumber air yang terdapat pada lahan tersebut.
  • Persiapan Lahan
Dalam hal menanam padi, ada beberapa kriteria lahan yang harus dipersiapkan, diantaranya yaitu lahan yang subur / terdapat kandungan-2 organik dan yang banyak mengandung hums, kondisi peangairan yang cukup, karena pada prinsipnya padi bukan tanaman air, akan tetapi tanaman yang senatiasa membutuhkan air, kondisi tanah yang terbuka dan tidak tertutup oleh bangunan atau pohon-pohon yang besar.
  • Pembenihan dan Penaburan Benih  
Pembenihan diawali dari perendaman benih / varietes ke dalam sebuah wadah dengan cukup air kemudian pisahkan benih padi yang bernas dengan yang kosong (tidak terisi biji padi) dan biarkan terendam benih padi tersebut selama satu malam,setelah itu tiriskan dan dan dalam kondisi tertutup kurang lebih 2 - 3 hari dan pastikan kecambahnya sudah keluar,benih siap untuk ditabur. Sedangkan dalam penaburan benih padi,lakukan penggemburan tanah dan campuri dengan pupuk kandang yang sudah terfrekmentasi atau kompos yang sudah jadi tanah dan jangan gunakan kompos yang masih baru karena masih mengandung gas metanol dan ini berbahaya bagi calon benih yang akan ditabur. Lakukan penaburan benih ini secara merata lalu tutup denga tanah berpasir atau jerami secara tipis merata. upayakan untuk penyiraman atau pngairan jangan kondisi lahan kering bisa dilakukan 3 hari sekali atau 4 hari sekali.
  • Penggarapan Lahan
Lakukan dengan cara pembajakan baik dengan Hand Traktor maupun Bajak yang ditarik oleh binatang ( sapi , kerbau ataupun kuda )
PROSEE PEMBAJAKAN
  • Penanaman
  • PROSES TANAM

Jika usia benih sudah mencukupi dikisar usia 20 - 25 hari benih sudah siap untuk dipindah tanam. Lakukan penanaman padi dengan jarak tanam antar  23 cm x 23 cm atau 25 cm x 25 cm, padi diusahakan jangan terlalu dekat atau terlalu rapat agar pertumbuhan anakkan dari padi itu bisa maksimal dan dalam jumlah yang banyak.  

No comments:

Post a Comment